Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Pengaruh kualitas layanan kemudahan penggunaan dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan melalui kepercayaan pada pengguna e wallet shopeepay di Pekalongan
Pengarang : Putri Wisula, Usamah, Usam
Kata Kunci   :Shopeepay, kualitas layanan, kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, kepercayaan, minat menggunakan

Perkembangan teknologi keuangan digital yang pesat mendorong meningkatnya
penggunaan e-wallet di Indonesia, salah satunya adalah ShopeePay. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan penggunaan,
dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan ShopeePay, baik secara
langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least
Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel dalam penelitian ini
adalah pengguna ShopeePay dari kalangan Generasi Z di Pekalongan, dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner secara daring. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan persepsi keamanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay.
Kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat
menggunakan, namun berpengaruh secara tidak langsung melalui kepercayaan.
Kepercayaan terbukti sebagai variabel mediasi yang signifikan pada hubungan
antara kemudahan penggunaan dan persepsi keamanan terhadap minat
menggunakan.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. M. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif

Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta:

ANDI

Agustino, L., Ujianto, & Yousida, I. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi

Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-wallet

Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-wallet Di

Kota Banjarmasin. KINDAI, 17 (3): 401-422.

Amini, M., Sajad, R., & Maryam, A. (2014). User Satisfactionm With Mobile

Websites: The Impcat Of Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease Of

Use (PEOU), And Trust. Nankai Business Review International, 5 (3): 258-

274.

Banani, M. R., & Selvi, E. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan

Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus

Pada Followers Instagram Shopee). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9

(1): 279-289.

Bressolles, G., & Durrieu, F. (2011). Service Quality, Customer Value, And

Satisfaction Relationship Revisited For Online Wine Website. 6th AWBR

International Conference.

Danang, A. A. (2024). Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan

Penggunaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Pengguna E-wallet Dana Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada

Pengguna E-wallet Dana Di Kota Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation,

Uin Raden Intan Lampung).

Dwi Susanti, R. A., Fardahlia, D., & Indrihastuti, P. (2021). Kemudahan Dan

Kemanfaatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Sistem

Pembayaran E-Money Ovo, Go-Pay, Dan Dana. J-MACC : Journal of

Management and Accounting, 4(1), 57–71. https://doi.org/10.52166/j-

macc.v4i1.2404

Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Boyolali). Jurnal Ilmiah

Ekonomi Islam, 8 (2): 2195-2201.

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia