Perkembangan teknologi keuangan digital yang pesat mendorong meningkatnya
penggunaan e-wallet di Indonesia, salah satunya adalah ShopeePay. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan penggunaan,
dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan ShopeePay, baik secara
langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least
Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel dalam penelitian ini
adalah pengguna ShopeePay dari kalangan Generasi Z di Pekalongan, dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner secara daring. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan persepsi keamanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay.
Kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat
menggunakan, namun berpengaruh secara tidak langsung melalui kepercayaan.
Kepercayaan terbukti sebagai variabel mediasi yang signifikan pada hubungan
antara kemudahan penggunaan dan persepsi keamanan terhadap minat
menggunakan.
Abdillah, W., & Jogiyanto, H. M. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif
Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta:
ANDI
Agustino, L., Ujianto, & Yousida, I. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi
Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-wallet
Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-wallet Di
Kota Banjarmasin. KINDAI, 17 (3): 401-422.
Amini, M., Sajad, R., & Maryam, A. (2014). User Satisfactionm With Mobile
Websites: The Impcat Of Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease Of
Use (PEOU), And Trust. Nankai Business Review International, 5 (3): 258-
274.
Banani, M. R., & Selvi, E. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan
Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus
Pada Followers Instagram Shopee). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9
(1): 279-289.
Bressolles, G., & Durrieu, F. (2011). Service Quality, Customer Value, And
Satisfaction Relationship Revisited For Online Wine Website. 6th AWBR
International Conference.
Danang, A. A. (2024). Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan
Penggunaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Pengguna E-wallet Dana Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada
Pengguna E-wallet Dana Di Kota Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation,
Uin Raden Intan Lampung).
Dwi Susanti, R. A., Fardahlia, D., & Indrihastuti, P. (2021). Kemudahan Dan
Kemanfaatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Sistem
Pembayaran E-Money Ovo, Go-Pay, Dan Dana. J-MACC : Journal of
Management and Accounting, 4(1), 57–71. https://doi.org/10.52166/j-
macc.v4i1.2404
Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Boyolali). Jurnal Ilmiah
Ekonomi Islam, 8 (2): 2195-2201.
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |