EVALUASI PERAN SERTA APOTEKER DALAM KEPUASAN PASIEN DENGAN KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI OBAT DI KLINIK PRATAMA KOTA PEKALONGAN
Pengarang : Nurmalia Kholifatu Balqis, Yulian Wahyu Permadi
Kata Kunci   :kepuasan komunikasi, informasi, edukasi obat
ABSTRAK
Nurmalia Kholifatu Balqis
EVALUASI PERAN SERTA APOTEKER DALAM KEPUASAN PASIEN DENGAN KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI OBAT DI KLINIK PRATAMA KOTA PEKALONGAN
Perkembangan teknologi dan ilmu yang semakin pesat mampu mempengaruhi masyarakat untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas hidupnya. Jenis penelitian ini adalah desktiptif yang mana termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan cross sectional yang merupakan penelitian guna memahami dinamika korelasi yang terdapat pada faktor maupun resiko serta efek yang ada, melalui sebuah proses observasi serta pengumpulan data di waktu yang sama atau bersamaan. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu teknik simple random sampling. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Kota Pekalongan. Penelitian dilakukan pada Agustus 2024, Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan ialah kuisioner. Penelitian yang akan dilakukan dengan judul Evaluasi Peran Serta Apoteker Dalam Kepuasan Pasien Dengan Komunikasi Informasi Edukasi Obat Di Klinik Pratama Kota Pekalongan. Pada penelitian didapatkan hasil dari uji validitas yaitu secara keseluruhan indikator pernyataan dapat dinyatakan valid karena nilai r hitung > r tabel. Di Klinik Mediska Pekalongan Sebagian besar adalah T.4 dengan R Hitung sebesar 0,840. Dan data hasil Reabilitas didapatkan nilai alpha untuk keseluruhan variabel sebesar lebih besar dari 0,60 sehingga dapat dinyatakan bahwa variabel Kepuasan pasien reliabel.
Kata Kunci: Klinik, Kuantitatif, Pelayanan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Abduh, Muhammad et al. 2023. “Survey Design: Cross Sectional Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer 3(1): 31–39.
Afiya, N., Permadi, Y. W., & Ningrum, W. A. (2022). Analisis Pengelolaan Manajemen Logistik Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Qim Batang Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Jophus: Journal of Pharmacy UMUS, 3(02), 138-145.
Agustian, Ilham, Harius Eko Saputra, and Antonio Imanda. 2019. “Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu.” Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik 6(1): 42–60.
Alini, Tjut. 2021. “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Buku KIA.” Jurnal Ilmuah Maksitek 6(3): 18–25.
Amaranggana, Larasati. 2017. “Pelayanan Informasi Obat Yang Efektif Dari Beberapa Negara Untuk Meningkatkan Pelayanan Farmasi Klinik: Review.” Farmaka 15(1): 20–28.
Ardista, Rini. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor.” Parameter 6(1): 38–49.
Aryamti, Amelia Septian, and AMA Suyanto. 2019. “Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” E-Proceeding of Management 6(1): 131–38.
Ayu, Masjuni, Hasan Ashari Oramahi, and Sofyan Zainal. 2020. “Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Hutan Mangrove Di Kelurahan Setapuk Besar Kecamatan Singkawang Utara Kota Singkawang.” Jurnal Hutan Lestari 8(4): 738–46.
Buron, Anceana Ina. 2020. “Peran Tenaga Farmasi Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas ILE Boleng Kabupaten Flores Timur.”
Djamaluddin, Furqan, Amir Imbaruddin, and Muttaqin. 2019. “Kepatuhan Pelayanan Farmasi Di Klinik Di Rumah Sakit DR. Wahidin Sudirohusodo.” Jurnal Administrasi Negara 25(3): 176–93.
Effendi, Kevin, and Stella Junita. 2020. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019.” Excellent Midwifery Journal 3(2): 82–90.
Erlianti, Karina, Hasniah, and Lia Mardiana. 2021. “Analisis Kinerja Apoteker Dalam Pelayanan Farmasi Klinik Di Puskesmas Kota Banjarmasin.” Al Ulum Sains dan Teknologi 7(1): 27–37.
Erpurini, Wala, and Fitri Diana Saleh. 2021. “Analisa Kualitas Pelayanan Pasien Pada Klinik Umum Pratama Kasih Bunda Yanti Rajamandala.” Sains Manajemen 2(1): 75–88.
Fatwami, Esti Febri. 2022. “Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Klinik Kecantikan Wilayah Kabupaten Banyumas.” Bina Cipta Husada 18(2): 131–42.
Febiyanti, Nurfida. 2020. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informasi Obat Di Instalasi Rawat Jalan Klinik Rawat Inap Siti Khodijah Kota Blitar.”
Fitriani, Johana, Wahono Sumaryono, and Derriawan. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Perawatan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Klinik Kecantikan Pratama Kota Bekasi.” Jurnal Medical Profession (MedPro) 3(3): 246–55.
Gemala, Anne Mutia. 2020. “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Prasetya Bunda Tasikmalaya.”
Handayany, Gemy Nastity. 2022. Manajemen Pelayanan Farmasi.
Hidayat, Ridha, and Hilda Hayati. 2019. “Pengaruh Pelaksanaan SOP Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap RSUD Bangkinang.” Ners V 3(2): 84–96.
Irmayani, and Nurjannah Syafitri. 2022. “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Farmasi Di RS Grandmed Lubuk Pakam.” Jurnal Kebidanan Kestra (JKK) 4(2): 145–49.
Ismail, Farida Fitriani, and Dedy Sudarmadi. 2019. “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT.Beton Elemen Persada.” JASa(Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi 3(1): 1–13.
Jayusman, Iyus, and Oka Agus Kurniawan Shavab. 2020. “Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Artefak 7(1): 13–20.
Kemenkes RI No. 34. 2021. “Peraturan Menteri Kesehatan RI No 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Klinik.” Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: 101, Jakarta.
Khayatun, Siti Nur. 2019. “Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE) Di Apotek Injaya Kabupaten Tegal.”
Komalawati, Veronica. 2020. “Tanggung Jawab Apoteker Dalam Pelayanan Obat Dengan Resep Dokter.” Poros Hukum Padjadjaran 1(2): 226–45.
Kurniawan, Adin Hakim, Yetri Elisya, and Muhammad Fregi Marsa. 2021. “Pengkajian Pengetahuan, Sikap Dan Determinasi Niat Penerimaan Vaksin Covid-19 Pada Warga Kelurahan Pejuang Kota Bekasi.” Jurnal ilmiah Manuntung 7(2): 189–201.
Laia, Berdikari. 2019. “Evaluasi Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rumah Rumah Sakit Putri Hijau Medan 2019.”
Lestari, Aulia Eka, Nofita, and Ardiyansyah. 2023. “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Klinik UMMI HC Kedaton.” Medika Mahayati 7(1): 492–98.
Lestari, Nurya Indah. 2021. “Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kota Waringan Barat.”
Matantu, Ret Ningsih, Dolina L. Tampi, and Joane V Mangindaan. 2020. “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Gran Puri Manado.” Productivity 1(4): 355–60.
Menkes Kesehatan RI. 2021. Menteri Kesehatan RI Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Klinik.
Missa, Margareta Maria Alacoque, Siti Surdijati, and Retno Trisnani. 2020. “Pengaruh Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Pediatri Penyakit Diare Di Puskesmas ‘X’ Wilayah Surabaya Timur.” Pharmacy Science and Pratice 7(2): 93–97.
Muthoharoh, A., Aini, J., & Permadi, Y. W. (2023, November). Pengaruh Pelayanan Informasi Obat Leaflet Terhadap Tingkat Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Kelas Prolanis Puskesmas Wonokerto 1. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 6).
Mustika, Dewi, and Kurnia Sari. 2019. “Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018.” Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia 5(3): 147–52.
Nguyen, Binh Quoc, and Cuc Thi Thu Nguyen. 2022. “An Assessment of Outpatient Satisfaction with Hospital Pharmacy Quality and Influential Factors in the Context of the COVID-19 Pandemic.” Hralthcare 10: 1–13.
Ningrum, W. A., Azzahra, N. A., & Suryani, I. (2022). Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Pengetahuan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 175-182.
No.34. 2021, Kementrian RI. 2021. “Pengaturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 34 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Klinik.”
Putri, Winda Aria. 2020. “Kepuasan Pasien Prolanis Terhadap Peran Apoteker Di Puskesmas Sleman Yogyakarta.”
Permadi, Y. W., & Ningrum, W. A. (2023, November). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Dan Komunikasi Informasi & Edukasi (KIE) Obat Di Puskesmas Doro II Kabupaten Pekalongan. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 6).
Qotimah, Yunliana Khusnul. 2021. “Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wiyalah Kota Semarang Selama Pandemi Covid-19.”
Rahayuningtyas, W., Muthoharoh, A., Rahmatullah, S., & Ningrum, W. A. (2023, October). Kepuasaan Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik Pasien Rawat Jalan: Studi Perbandingan di Instalasi Farmasi RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. In PROSIDING SEMINAR KESEHATAN MASYARAKAT (Vol. 1, No. Oktober, pp. 44-50).
Ramadani, Permata Amelia. 2021. “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Penerapan Protokol Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Dawet Jabung) Desa Jabung Kabupaten Ponorogo.”
Rambe, Nurbaya Mentari, Arifah Devi Fitriani, and Razian Begum Suroyo. 2021. “Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia.” Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (SIKOTAN) 1(2): 107–22.
Rizqi, Dienda Melani. 2020. “Peranan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (KIE) Pada Penderita Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Bangun Galih.”
Safitri, Kristya Ayu. 2022. Laporan Praktik Kerja Lapangan Di Klinik Pratama Rawat Inap Darussalam Medika Purwodadi.
Sari, Siska Diana. 2018. “Perlindungan Hukum Pengguna Klinik Kecantikan Estetika Dalam Perspektif Hak Konstitusional Warga Negara.” Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 6(2): 140–54.
Sim, Yi C, Intan S Mohd-rosli, and Siew Y Ng. 2021. “Patient Satisfaction with Medication Therapy Adherence Clinic Services in a District Hospital?: A Cross-Sectional Study.” 19(2): 1–6.
Sugianto, Putri, and Wahyuandini. 2018. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, Dan Edukasi (Kie) Oleh Tenaga Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Aisyiyah Muntilan.”
Surya, Sara, Serfianita Kamal, and Lusia Eka Putri. 2019. “Evaluation of Patient Satisfaction Toward Towards Pharmacy Services at Hospital Outpatient Pharmacies in Padang.” Borneo Jurnal of Pharmacy 2(1): 31–34.
Sutrisno, Sutrisno, and Dewi Wulandari. 2018. “Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) Untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan.” AKSIOMA?: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 9(1): 37.
Tamara, Chatrine Virgina, Tri Niswati Utami, and Nur Aini. 2022. “Analisis Pengaruh Komunikasi Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Pratama Siti Rahmah Tanjung Morawa.” Jurnal Kesmas Prima Indonesia 3(2): 29–38.
Tangkudung, Givenchy Lord. 2023. “Analisis Jaminan Perlindungan Hukum Bagi Pasien Yang Menerima Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Oleh Apoteker.” Lexx Privatum 11(2): 1–10.
Trisnantoro, L (2018), Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi dalam Manajemen. Rumah Sakit, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press,
Udariansyah, Devi, and Hadi Syaputra. 2019. “Implementasi Metode End User Development Pada Aplikasi Rekam Medis Pasien.” Informanika 5(2): 10–14.
Wandira, Era et al. 2022. “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, Daan Edukasi (KIE) Obat Oleh Tenaga Kefarmasian Di Apotek Nogosari Farma.” Jurnal Farmasi dan Kesehatan Indonesia 2(1): 28–35. journal.ukrim.ac.id/index.php/jfki.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |