ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI M-JASA DALAM TRANSAKSI KEUANGAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA CABANG PEMBANTU KEDUNGWUNI
Pengarang : Sugi Nekha Septiana, Muhammad Fithrayudi Triatmaja
Kata Kunci   :Analisis Penerimaan Teknologi M-Jasa Dalam Transaksi Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Pembantu Kedungwuni
Menurut pasal 44 Undang-undang nomor 25 Tahun 1992 Tentang perkoprasian menyatakan bahwa”Koperasi dapat menghimpun dana dan menyalurkan melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari dana untuk anggota dan calon koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan atau anggotanya”. Dari pasal tersebut koperasi berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi dan mendukung usaha-usaha yang tumbuh di masyarakat sekitar. Koperasi simpan pinjam jasa memberikan pelayanan baik setoran maupun pengambilan secara tunai dan Online melalui mobile banking. Kospin Jasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi dengan mobile banking yang disebut “M-Jasa”, dengan menggunakan M-Jasa membantu mempermudah berjalannya transaksi karena anggota dapat melakukan transaksi baik setoran maupun penarikan dimana saja tanpa harus datang ke kantor. Penggunaan M-jasa sendiri tidak banyak memberikan kemudahan bagi anggota kospin, namun juga menimbulkan kendala penggunaan M-jasa bagi anggota yang kurang paham mengenai teknologi. Kurangnya pemahaman mengenai teknologi menjadikan suatu sistem informasi kurang diterima di lingkungan koperasi. Salah satu metode dalam mengukur penerimaan teknologi Mobile Banking dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) merupakan sebuat teori mengenai karakter pengguna terhadap sistem teknologi informasi.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |