HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEBIDANANrnDENGAN KEPUASAN KLIEN DI RUANG CEMPAKArnRSUD KRATON KABUPATEN PEKALONGANrnTAHUN 2012rn
Pengarang : Ani Fadhlillah, Nina Zuhana, Sst, Nur Izzah Priyogo, S.kp, M.k
Kata Kunci   :kualitas pelayanan, kepuasan
Pelayanan kebidanan merupakan salah satu kegiatan dalam pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, kemampuan hidup sehat dan mengambil bagian dalam pelayanan kesehatan masyarakat, turut membantu menghasilkan generasi bangsa yang cerdas. Pelayanan kebidanan yang berkualitas akan memberi hasil yang berkualitas yaitu kepuasan klien maupun provider dan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kebidanan dengan kepuasan klien di ruang cempaka RSUD Kraton. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang menjalani rawat inap kebidanan diruang Cempaka RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan tahun 2012. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling berjumlah 57 responden. Analisa hasil penelitian menggunakan uji statistik chi square, diperoleh hasil p value 0,001 (<0,01) berarti terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan kebidanan dengan kepuasan klien. Bagi masyarakat diharapkan untuk mengisi kotak saran yang telah disediakan oleh tempat pelayanan kesehatan guna sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan kebidanan sehingga tercipta kepuasan klien, bagi tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan kebidanan secara maksimal pada aspek komunikasi dan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan sehingga tercipta kepuasan klien.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2012 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |