PENGARUH PENGETAHUAN IBU TENTANG PAUD TERHADAP KEIKUTSERTAAN ANAK USIA 2-3 TAHUN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMAL DI DESA KEBONAGUNG KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2012
Pengarang : Maria Ulfa, Suparni, Sst, Aida Rusmariana, Ma
Kata Kunci   :PANGETAHUAN, KEIKUTSERTAAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Dua sampai tiga tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa perkembangan anak yang paling cepat dibandingkan dengan tahun – tahun berikutnya. Oleh karena itu, jika seseorang menginginkan putra-putrinya tumbuh dengan kondisi yang terbaik, maka orang tua harus menginvestasikan waktunya pada tiga tahun pertama ini. Pendidikan pada usia dini pada dasarnya dilakukan oleh keluarga sebagai pusat pendidikan yang sangat berperan dalam proses perkembangan anak. Orangtua yang mempunyai kesibukan atau yang berpengetahuan kurang tentang cara mendidik anak pada usia dini dapat memilih cara alternatif yaitu mengikutsertakan anaknya pada pendidikan anak usia dini guna memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anaknya. Kenyataan bahwa masih banyak anak usia dini yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan tidak dapat dipungkiri. Hal itu disebabkan antara lain kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan ibu tentang PAUD terhadap keikutsertaan anak usia 2-3 tahun pada Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal. Desain penelitian menggunakan descriptif korelative dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 2-3 tahun di Desa Kebonagung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Tekhnik pengambilan sampel adalah total populasi sebanyak 74 ibu yang mempunyai anak usia 2-3 tahun yang memenuhi kriteria penetapan sampel. Pengambilan data pengetahuan ibu tentang pendidikan anak usia dini dan keikutsertaan anak usia 2-3 tahun pada pendidikan anak usia dini dengan menggunakan kuesioner. Analisa hasil penelitian dengan Chi Square, diperoleh hasil Ï value 0,000 < (0,01) berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pengetahuan ibu tentang pendidikan anak usia dini terhadap keikutsertaan anak usia 2-3 tahun pada pendidikan aak usia dini nonformal. Saran bagi tenaga kesehatan hendaknya turut berperan serta dalam membantu memberikan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini sehingga ibu yang berpartisipasi dalam mengikutsertakan anaknya pada pendidikan anak usia dini akan semakin bertambah.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2012 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |