MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN PENGENALAN HARDWARE JARINGAN KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 WONOPRINGGO
Pengarang : Muhammad Waffa Najib Hadinata, Aslam Fatkhudin, Edy Subo
Kata Kunci   :Media Pembelajaran, Augmented Reality, Unity dan Vuforia, Alat Jaringan Komputer, Android.
Dengan berkembanganya teknologi dan meningkatnya kebutuhan manusia akan dunia internet, manusia berusaha mempermudah interaksinya dengan dunia internet. Berbagai teknologi terus dikembangkan untuk mencapai hal tersebut. Dengan memiliki alat jaringan yang kurang memadai, pengenalan alat jaringan komputer membuat siswa siswi SMP Negeri 1 Wonopringgo sulit mengenali alat jaringan komputer. Sehingga hasil pembelajaran belum sepenuhnya teruji kualitasnya.
Metode pengumpulan data yaitu dengan mengobservasi tentang bagaimana cara kerja pembelajaran di SMP Negeri 1 Wonopringgo terkait pengenalan jaringan komputer serta kurangnya alat sehingga siswa siswi tidak belajar secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem yang dibiasa disebut UML(Unified Modelling Language).
Adanya teknologi augmented reality, dapat menjadi sebuah solusi dalam menerapkan proses pembelajaran yang lebih interaktif menggunakan 3D dibandingkan sebelumnya yaitu media presentasi. Pembelajaran ini objek 3D yang dihasilkan berdasarkan gambar asli sehingga pengguna seperti melihat benda aslinya. Media pembelajaran ini diharapkan memberi manfaat kepada pengguna untuk mengenal dan mengetahui bentuk dari alat jaringan komputer.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2022 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |