Studi ini meneliti pengaruh kualitas informasi, kemudahan penggunaan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian generasi Z pada E-commerce Shopee di wilayah Kabupaten Pekalongan. Peningkatan E-commerce di Indonesia, dengan dominasi lalu lintas situs Shopee, memotivasi penelitian ini untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi belanja Gen Z yang paham teknologi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas informasi, dan kemudahan penggunaan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Shopee oleh Generasi Z, Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksplanatori. Sebanyak 114 responden yang merupakan Generasi Z di Kabupaten Pekalongan yang memiliki pengalaman berbelanja di Shopee dipilih menggunakan metode stratified random sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan survei online skala Likert. Analisis data meliputi statistik deskriptif, regresi linier berganda, uji reliabilitas, uji validitas, serta uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemudahan penggunaan, kualitas informasi dan gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Ketiga faktor ini juga secara simultan berpengaruh signifikan dan positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya hidup, kemudahan penggunaan, dan kualitas informasi merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian E-commerce Shopee generasi Z. Temuan ini penting untuk strategi pemasaran digital.
Abdilla, M., & Agus, I. (2021). Keputusan Pembelian Online Saat Pandemi Covid
19 di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Jurnal
Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 123–134.
https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.207
Agustina, R., Gustiana, R., & Amini, O. (2021). PENGARUH KUALITAS SISTEM
DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT INDOMARCO
PRISMATAMA CABANG BANJARMASIN. 14(1).
Al-Farabi, M. R., & Parhusip, A. A. (2022). Pengaruh promosi, gaya hidup, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian konsumen menggunakan jasa Shopee food pada aplikasi Shopee . 1(3).
Alvinayanti Ni Made Ayu Eva, Suardhika I Nengah, & Hendrawan I Gde Yudhi. (2022). Peran SocialMedia Kemudahan Penggunaan dan Kualitas Informasi untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Online dalam Era New Normal.
Ardian Saputra & Algifari. (2023). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KENYAMANAN, DAN PERSEPSI
KEMANFAATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-
COMMERCE. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 106–114.
https://doi.org/10.53916/jeb.v17i2.16
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Darsono, J. T., Susana, E., & Prihantono, E. Y. (2020). Implementasi Theory of
Planned Behavior terhadap Pemasaran Usaha Kecil Menengah melalui ECommerce. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(2), 206–
215. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i2.5098
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived Ease of Use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Devi, A. C. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E- Commerce Shopee
Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang.
Dharmawan, D., Rusman, H., Wildan Nuryanto, U., Adi Cakranegara, P., & Munizu, M. (2024). Analysis of The Influence Of Perceive of Benefit, Digital Security, and Perceived Ease of Use on Intention To Purchase Using the Digital Wallet Application. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 12–17. https://doi.org/10.60083/jidt.v6i2.523
Dwi Sartika, Mufidhatul Ulya, Fia Fauza Azzahra, Irnawati Irnawati, Fina Nur Hidayati, & Didi Pramono. (2024). Fenomena Penggunaan E-commerce
terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. WISSEN?:Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 335–350. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.287
Erma Laelatul Zahroq, & Asiyah, B. N. (2022). ANALISIS PENENTU
KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
MINAT BELI ULANG PADA PENGGUNA SHOPEE GENERASI-Z. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 83–98.
https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2377
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariat lanjutan dengan program IBM SPSS 25. Edisi sembilan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen.
Journal of Business and Banking, 10(1), 91.
https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
Herlina, H., & Suhardi, S. (2024). Pengaruh Word of Mouth, Gaya Hidup dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Tokopedia.
Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 1–12.
https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1737
Husein, D., & Santoso, S. (2022). Service Quality on User Satisfaction of Simkah
Web at. 15(1).
Hudaefi, F. A., Beik, I. S., & Fithri, H. (2020). Digital zakat campaign in time of Covid-19: A netnographic study. Journal of Islamic Marketing, 12(3), 498–516. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2020-0287
Ismawati, A. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PELAYANAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE PADA SHOPEE .
Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta
Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. 7.
Kinanti, S., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening
di Kota Batam. eCo-Buss, 5(3), 880–893.
https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.635
Laras, S., Dwi, A., & Bawono, B. (2021). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar PENGARUH
PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN, HARGA, DAN KUALITAS
INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
MENGGUNAKAN E-commerce TRAVELOKA (Studi Kasus Pada
Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta)
(Vol. 2).
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN
PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO.
Mantara, M. A., Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022).
FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI BUKALAPAK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNDIKSHA. JEMBA?: Jurnal
Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan bisnis, Akuntansi, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.3529
Maslim, A. S. W., & Andayani, S. (2023). Penerapan Metode Theory of Planned
Behavior Untuk Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Belanja
Online. JuSiTik?: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 7(1),
7–14. https://doi.org/10.32524/jusitik.v7i1.1038
Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga,
Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap
Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee . INOBIS: Jurnal Inovasi
Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557.
https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204
Mongol, P., Benni Purba, Anto Tulim, Purnaya Sari Tarigan, & Endah Andriani PratiwI. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-commerce, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(3), 749–755. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1132
Nduru, M. P., Sitanggang, H. M. P., Panggabean, S., & Alawiyah, K. (2024).
LITERATUR REVIEW: PERILAKU KONSUMEN DALAM PLATFORM ECOMMERCE DI ERA DIGITAL.
Noviandra, C. T. R., & Argo, J. G. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS
INFORMASI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z PADA ECOMMERCE SHOPEE . 16(2).
Pohan, M. Z., Nasution, T. A., & Pohan, S. (2025). Gaya Hidup Konsumtif Generasi
Z dalam Era Belanja Daring Indonesia). Jurnal Ilmu Sosial Humaniora
Indonesia, 4(2), 237–246. https://doi.org/10.52436/1.jishi.205
Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN,
KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE PADA
MAHASISWA DI KOTA PADANG. JURNAL PUNDI, 4(3).
https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336
Rusti, A. D., & Masnita, Y. (2024). Tinjauan Theory of Planned Behavior dalam
Mempengaruhi Purchase Intention dan Purchase Behavior melaluiSocial Media.
Sampe, F., Ardianto, R., & Yusuf, M. (2023). The Impact Of Brand Image And Pr?ce
Online Product Purchase Dec?s?ons At Shopee . 03(01).
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint.
CiDEA Journal, 2(1), 24–37.
https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Satyadarma, M. F., & Syamsudin, S. (2023). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna e–learning di
Perguruan Tinggi. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i1.72
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA,
& Suryawirawan, O. A. (2019). THEORY OF PLANNED BEHAVIOR PADA E-commerce INTENTION MAHASISWA DI SURABAYA. Makro: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 150–159.
https://doi.org/10.36467/makro.2019.04.02.03
Sigar, C., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). ANALISIS PERSEPSI
KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-commerce DI KALANGAN
MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 4(2), 53–61.
https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2233
Simbolon, A. R., & Nasution, M. I. P. (2024). PERAN KUALITAS INFORMASI
TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI GEN Z.
Siregar, R. S., & Ramadhan, R. R. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN
PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MASYARAKAT KAMPAR KIRI TENGAH). 1.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triyanto, A., & Kamal, M. (2025). Pengaruh Gaya Hidup, Kesadaran Halal, dan
Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Steak Moen-Moen di Kota Depok.
Venika Salsabila Ayu Pramarini, Sumaryanto Sumaryanto, & Lamidi Lamidi.
(2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee . Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-commerce, 3(3), 471–483. https://doi.org/10.30640/digital.v3i3.3244
Wijayanti, A. W., & Putri, G. A. (2016). Model Theory of Planned Behavior (TPB) Untuk Memprediksi Niat Mahasiswa Melakukan Kecurangan Akademik.
14(2).
Xue, P., & Jo, W. (2024). Investigating consumer purchase decision based on switching barriers and decision postponement: Moderating role of time pressure. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 7(4), Article 4.
https://doi.org/10.1108/JHTI-12-2022-0628
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |