Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z PADA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Indira Asyanurdina, Muhammad Arifiyanto
Kata Kunci   :Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Gaya hidup, Keputusan Pembelian.

Studi ini meneliti pengaruh kualitas informasi, kemudahan penggunaan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian generasi Z pada E-commerce Shopee di wilayah Kabupaten Pekalongan. Peningkatan E-commerce di Indonesia, dengan dominasi lalu lintas situs Shopee, memotivasi penelitian ini untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi belanja Gen Z yang paham teknologi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas informasi, dan kemudahan penggunaan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Shopee oleh Generasi Z, Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksplanatori. Sebanyak 114 responden yang merupakan Generasi Z di Kabupaten Pekalongan yang memiliki pengalaman berbelanja di Shopee dipilih menggunakan metode stratified random sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan survei online skala Likert. Analisis data meliputi statistik deskriptif, regresi linier berganda, uji reliabilitas, uji validitas, serta uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemudahan penggunaan, kualitas informasi dan gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Ketiga faktor ini juga secara simultan berpengaruh signifikan dan positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya hidup, kemudahan penggunaan, dan kualitas informasi merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian E-commerce Shopee generasi Z. Temuan ini penting untuk strategi pemasaran digital.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

Abdilla, M., & Agus, I. (2021). Keputusan Pembelian Online Saat Pandemi Covid

19 di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Jurnal

 Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 123–134.

https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.207

Agustina, R., Gustiana, R., & Amini, O. (2021). PENGARUH KUALITAS SISTEM

DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT INDOMARCO

PRISMATAMA CABANG BANJARMASIN. 14(1).

Al-Farabi, M. R., & Parhusip, A. A. (2022). Pengaruh promosi, gaya hidup, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian konsumen menggunakan jasa Shopee food pada aplikasi Shopee . 1(3).

Alvinayanti Ni Made Ayu Eva, Suardhika I Nengah, & Hendrawan I Gde Yudhi. (2022). Peran SocialMedia Kemudahan Penggunaan dan Kualitas Informasi untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Online dalam Era New Normal.

Ardian Saputra & Algifari. (2023). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KENYAMANAN, DAN PERSEPSI

 KEMANFAATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-

 COMMERCE. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 106–114.

https://doi.org/10.53916/jeb.v17i2.16

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Darsono, J. T., Susana, E., & Prihantono, E. Y. (2020). Implementasi Theory of

Planned Behavior terhadap Pemasaran Usaha Kecil Menengah melalui ECommerce. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(2), 206–

215. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i2.5098

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived Ease of Use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Devi, A. C. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E- Commerce Shopee

Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Dharmawan, D., Rusman, H., Wildan Nuryanto, U., Adi Cakranegara, P., & Munizu, M. (2024). Analysis of The Influence Of Perceive of Benefit, Digital Security, and Perceived Ease of Use on Intention To Purchase Using the Digital Wallet Application. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 12–17. https://doi.org/10.60083/jidt.v6i2.523

Dwi Sartika, Mufidhatul Ulya, Fia Fauza Azzahra, Irnawati Irnawati, Fina Nur Hidayati, & Didi Pramono. (2024). Fenomena Penggunaan E-commerce

terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. WISSEN?:Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 335–350. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.287

Erma Laelatul Zahroq, & Asiyah, B. N. (2022). ANALISIS PENENTU

KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP

MINAT BELI ULANG PADA PENGGUNA SHOPEE GENERASI-Z. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 83–98.

https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2377

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariat lanjutan dengan program IBM SPSS 25. Edisi sembilan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen.

 Journal of Business and Banking, 10(1), 91.

https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Herlina, H., & Suhardi, S. (2024). Pengaruh Word of Mouth, Gaya Hidup dan Citra

Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Tokopedia.

 Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 1–12.

https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1737

Husein, D., & Santoso, S. (2022). Service Quality on User Satisfaction of Simkah

Web at. 15(1).

Hudaefi, F. A., Beik, I. S., & Fithri, H. (2020). Digital zakat campaign in time of Covid-19: A netnographic study. Journal of Islamic Marketing, 12(3), 498–516. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2020-0287

Ismawati, A. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PELAYANAN

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE PADA SHOPEE .

Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta

Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. 7.

Kinanti, S., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening

 di Kota Batam. eCo-Buss, 5(3), 880–893.

https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.635

Laras, S., Dwi, A., & Bawono, B. (2021). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar PENGARUH

PERSEPSI RISIKO, KEMUDAHAN, HARGA, DAN KUALITAS

 INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

MENGGUNAKAN E-commerce TRAVELOKA (Studi Kasus Pada

Mahasiswa Prodi Akuntansi FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta)

(Vol. 2).

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN

PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE OPPO.

Mantara, M. A., Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022).

FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI BUKALAPAK PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNDIKSHA. JEMBA?: Jurnal

Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan bisnis, Akuntansi, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.3529

Maslim, A. S. W., & Andayani, S. (2023). Penerapan Metode Theory of Planned

Behavior Untuk Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Belanja

Online. JuSiTik?: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 7(1),

7–14. https://doi.org/10.32524/jusitik.v7i1.1038

Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga,

Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap

Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee . INOBIS: Jurnal Inovasi

 Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557.

https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204

Mongol, P., Benni Purba, Anto Tulim, Purnaya Sari Tarigan, & Endah Andriani PratiwI. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-commerce, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee . JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(3), 749–755. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i3.1132

Nduru, M. P., Sitanggang, H. M. P., Panggabean, S., & Alawiyah, K. (2024).

LITERATUR REVIEW: PERILAKU KONSUMEN DALAM PLATFORM ECOMMERCE DI ERA DIGITAL.

Noviandra, C. T. R., & Argo, J. G. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS

INFORMASI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z PADA ECOMMERCE SHOPEE . 16(2).

Pohan, M. Z., Nasution, T. A., & Pohan, S. (2025). Gaya Hidup Konsumtif Generasi

Z dalam Era Belanja Daring Indonesia). Jurnal Ilmu Sosial Humaniora

Indonesia, 4(2), 237–246. https://doi.org/10.52436/1.jishi.205

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN,

KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE PADA

MAHASISWA DI KOTA PADANG. JURNAL PUNDI, 4(3).

https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336

Rusti, A. D., & Masnita, Y. (2024). Tinjauan Theory of Planned Behavior dalam

Mempengaruhi Purchase Intention dan Purchase Behavior melaluiSocial Media.

Sampe, F., Ardianto, R., & Yusuf, M. (2023). The Impact Of Brand Image And Pr?ce

Online Product Purchase Dec?s?ons At Shopee . 03(01).

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint.

 CiDEA Journal, 2(1), 24–37.

https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775

Satyadarma, M. F., & Syamsudin, S. (2023). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna e–learning di

Perguruan Tinggi. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i1.72

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA,

& Suryawirawan, O. A. (2019). THEORY OF PLANNED BEHAVIOR PADA E-commerce INTENTION MAHASISWA DI SURABAYA. Makro: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 150–159.

https://doi.org/10.36467/makro.2019.04.02.03

Sigar, C., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). ANALISIS PERSEPSI

KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-commerce DI KALANGAN

MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 4(2), 53–61.

https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2233

Simbolon, A. R., & Nasution, M. I. P. (2024). PERAN KUALITAS INFORMASI

TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI GEN Z.

Siregar, R. S., & Ramadhan, R. R. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN

PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN GAYA HIDUP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MASYARAKAT KAMPAR KIRI TENGAH). 1.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Triyanto, A., & Kamal, M. (2025). Pengaruh Gaya Hidup, Kesadaran Halal, dan

Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Steak Moen-Moen di Kota Depok.

Venika Salsabila Ayu Pramarini, Sumaryanto Sumaryanto, & Lamidi Lamidi.

(2024). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee . Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-commerce, 3(3), 471–483. https://doi.org/10.30640/digital.v3i3.3244

Wijayanti, A. W., & Putri, G. A. (2016). Model Theory of Planned Behavior (TPB) Untuk Memprediksi Niat Mahasiswa Melakukan Kecurangan Akademik.

14(2).

Xue, P., & Jo, W. (2024). Investigating consumer purchase decision based on switching barriers and decision postponement: Moderating role of time pressure. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 7(4), Article 4.

https://doi.org/10.1108/JHTI-12-2022-0628


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia