Hubungan antara Kecanduan Game online dengan Aktivitas Fisik pada Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi
Pengarang : Liza Kartika Dewi, Neti Mustikawati
Kata Kunci   :Kata kunci : kecanduan, game online, aktivitas fisik, remaja
Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024
ABSTRAK
Hubungan antara Kecanduan Game online dengan Aktivitas Fisik pada Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi
Liza Kartika Dewi, Neti Mustikawati
Latar Belakang : Kecanduan game online pada remaja menjadi masalah serius yang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan sosial remaja, oleh sebab itu penting untuk menyeimbangkan waktu bermain game sehingga mendorong partisipasi remaja dalam aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan aktivitas fisik pada remaja.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi melalui pendekatan Cross Sectional. kecanduan game online diukur menggunakan instrumen game addiction scale dan aktivitas fisik diukur menggunakan International Physical Activity Questionnaire. Teknik sampel yang digunakan total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 siswa SMP Negeri 3 Kesesi. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan analisa spearman corelation.
Hasil : Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil terbanyak terdapat pada 41 siswa 50,6% mengalami kecanduan ringan, namun meskipun begitu ternyata terdapat 10 siswa 12,3% yang mengalami kecanduan berat game online dan 37% siswa mengalami aktivitas fisik tinggi. Setelah diuji korelasi dengan spearman corelation menunjukkan ada hubungan yang signifikan (berarti) antara kecanduan game online dengan aktivitas fisik dengan p value 0,028 dan r^2-0,244.
Simpulan : Ada hubungan kecanduan game online dengan aktivitas fisik pada remaja, dari hasil tersebut diharapkan sekolah dapat mengadakan kegiatan program edukasi mengenai bahaya kecanduan game, pendekatan personal melalui konseling, serta kegiatan menyenangkan di alam seperti berkemah atau piknik, untuk mengurangi kecanduan game online dan meningkatkan kesehatan fisik maupun psikis remaja.
Kata kunci : kecanduan, game online, aktivitas fisik, remaja
Daftar pustaka : 37 (2014-2024)
Jumlah Kata : 222
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Anggraeni, N., Agustiani, H., Novianti, L. E., & Ninin, R. H. (2021). Gambaran Perilaku Bermain Game Online Pada Remaja Pemain Game Online Di Jatinangor. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi,10(1), 15-16. http://doi.org/10.21009/JPPP.101.02
Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII). (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023 [powerpoint slide 8-9, 14 & 45]. www.survei.apjii.or.id. Diakses pada 30 Desember 2023
Aziz, N., Abdulkadir, S. J., & Salih, M. M. (2021). Digital Addiction: Systematic Review of Computer Game Addiction Impact on Adolescent Physical Health. MDPI,10(9), 1-18. https://www.mdpi.com/2079- 9292/10/9/996
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2022, Biro Pusat Statistik. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1 (Diakses: 19 Januari 2024).
Cahyana, Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Siswa Sekolah Menengah Pertama yang Mengalami Kecanduan Game Online. Fokus,3(2), 40. http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4222
Dharmansyah, D., & Budiana, D. (2021). Adaptasi Indonesia terhadap Fisika Internasional Kuesioner Aktivitas (IPAQ): Sifat Psikometri. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia,7(2), 159-163. https://doi.org/10.17509/jpki.v7i2.39351
Dewi, R.C., Oktiawati, A., & Saputri, L.D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Yogyakarta : Nuha Medika.
Efendi, V. P., & Widodo, A. (2021). Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga,9(4), 17 - 26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/41885
Fahrizal, Y., & Slamet, I. (2023). The Quality of Life of Adolescents Experiencing Online Game Addiction During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Indonesia,26(1), 68–77. https://doi.org/OI: 10.7454/jki.v26i1.1947
Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hartanti, F. P., & Lawang, R. W. (2022, Agustus 24). Dampak Buruk Kecanduan Game pada Anak Usia Remaja. Retrieved from Kemenkes: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1359/dampak-buruk-kecanduan-game-pada-anak-usia-remaja
Hidayat, A. A. (2015). Metode Penelitian Paradigma Kuantitatif. Surabaya: Health Books Publishing.
IPAQ (2005) Guidelines for Data Processing and Analysis of the International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) Short and Long Forms, International Physical Activity Questionnaire. Available at: https://sites.google.com/site/the/scoring-protocol. (diakses 9 Desember 2021)
Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200-207. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00
Jap, T., Tiatri , S., & Jaya, E. S. (2013). The Development of Indonesian Online
Game Addiction Questionnaire. Plos One,8(4), 1-5. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0061098
Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik. Yogyakarta: The Journal Publishing.https://www.researchgate.net/publication/350965519_BUKU_PEMANTAUAN_AKTIVITAS_FISIK
Lemmens, J. S., M , P., Valkenburg , & Peter, J. (2009). Development and Validation of a Game Addiction Scale for Adolescents. Media Psychlogy,12(1), 79-95. http://dx.doi.org/10.1080/15213260802669458
Leo, D.R.L. (2020). Intensitas Bermain Game Online Terhadap Pola Aktivitas Fisik
Siswa SMP Advent Menia, Kabupaten Sabu, Rai Jua District, NTT. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 72-76 doi:10.35974/jsk.v6i1.2366
Maidartati, Hayati, S., Anggraeni, D. E., Irawan, E., Damayanti, A., & Silviani, D. A. (2022). Gambaran Sedentary Lifestyle Pada Remaja Di Sma Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI,10(2), 255-258. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view/81
Maramis, J. R., & Maengkom, K. S. (2022). Hubungan Tingkat Adiksi Game Online Dengan Tingkat Aktivitas Fisik Pada Pelajar Sma. Klabat Journal of Nursing, 4(1), 81. https://doi.org/10.37771/KJN.V4I1.801
Masturoh, I., & T, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 5). Jakarta: Salemba Medika.
Pratama, R. A., Widianti, E., & Hendrawati. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Journal of Nursing Care,3(2), 115. http://dx.doi.org/10.24198/jnc.v3i2.22850.
Pratiwi, E. Y., Rochmania, D. d., Asmarani, R., & Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online Pengaruh Fenomena Game Online Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang. https://eprints.unhasy.ac.id/205/18/19.%20Positif%20_%20Negatif%20Game%20Online.pdf
Putri, Z. (2024 April 17). Pemerintah Akan Keluarkan Aturan Anak Bermain Game Online Tahun Ini. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7296351/pemerintah-akan-keluarkan-aturan-anak-bermain-game-online-tahun-ini
Rahman, I. A., Ariani , D., & Ulfah, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85-86. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438
Riyanto, A. (2019). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.
Sabri, L., & Hastono, S. P. (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiaji, S., & Virlia , S. (2016). Hubungan Kecanduan Game Online dan Keterampilan Sosial pada Pemain Game Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Psibernetika, 9(2), 93-101, http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.460.
Sugiyono. (2019 ). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Trisnani, R.P & Wardani, S.Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online : mengenal dampak ketergantungan pada game online serta cara menguranginya. Madiun : UNIPMA Press. http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/81
Ulkhaq, M. M., Rozaq, R., Ramadhani, R., Heldianti , R., Fajri , A., & Akshinta, P. Y. (2018). Validity and Reliability Assessment of the Game Addiction Scale: An Empirical Finding from Indonesia. Association for Computing Machinery, 120-123. https://dl.acm.org/doi/10.1145/3288155.3288158
Warid, G. K., Yuliawan , D., Lusianti, S., & Hi, W. (2024). Indikator Aktivitas Fisik Pada Remaja Dilihat Dari Tingkat Kecanduan Game Online. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan,2(1), 42-48. https://doi.org/10.2023/ns.v2i01-pp41
WHO. (2022). Gaming disorder. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/standards/classifications/frequently-asked questions /gaming-disorder
Wicaksono, A., & Handoko, W. (2020). Aktivitas Fisik dan Kesehatan. Pontianak: IAIN Pontianak Press. https://www.researchgate.net/publication/353605384_Buku_Aktivitas_Fisik_dan_Kesehatan_fix
Widyawati. (2018, Agustus 02). Inilah Dampak Kecanduan Game Online. Retrieved from Sehat Negriku Sehat Bangsaku: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180706/4226605/inilah-dampak-kecanduan-game-online/
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2024 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |