Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan antara Kecanduan Game online dengan Aktivitas Fisik pada Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi


Pengarang : Liza Kartika Dewi, Neti Mustikawati


Kata Kunci   :Kata kunci : kecanduan, game online, aktivitas fisik, remaja

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024

ABSTRAK

Hubungan antara Kecanduan Game online dengan Aktivitas Fisik pada Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi

Liza Kartika Dewi, Neti Mustikawati

Latar Belakang : Kecanduan game online pada remaja menjadi masalah serius yang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan sosial remaja, oleh sebab itu penting untuk menyeimbangkan waktu bermain game sehingga mendorong partisipasi remaja dalam aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan aktivitas fisik pada remaja.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi melalui pendekatan Cross Sectional. kecanduan game online diukur menggunakan instrumen game addiction scale dan aktivitas fisik diukur menggunakan International Physical Activity Questionnaire. Teknik sampel yang digunakan total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 88 siswa SMP Negeri 3 Kesesi. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan analisa spearman corelation.
Hasil : Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil terbanyak terdapat pada 41 siswa 50,6% mengalami kecanduan ringan, namun meskipun begitu ternyata terdapat 10 siswa 12,3% yang mengalami kecanduan berat game online dan 37% siswa mengalami aktivitas fisik tinggi. Setelah diuji korelasi dengan spearman corelation menunjukkan ada hubungan yang signifikan (berarti) antara kecanduan game online dengan aktivitas fisik dengan p value 0,028 dan r^2-0,244.
Simpulan : Ada hubungan kecanduan game online dengan aktivitas fisik pada remaja, dari hasil tersebut diharapkan sekolah dapat mengadakan kegiatan program edukasi mengenai bahaya kecanduan game, pendekatan personal melalui konseling, serta kegiatan menyenangkan di alam seperti berkemah atau piknik, untuk mengurangi kecanduan game online dan meningkatkan kesehatan fisik maupun psikis remaja.

Kata kunci : kecanduan, game online, aktivitas fisik, remaja
Daftar pustaka : 37 (2014-2024)
Jumlah Kata : 222

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

 

Anggraeni, N., Agustiani, H., Novianti, L. E., & Ninin, R. H. (2021). Gambaran Perilaku Bermain Game Online Pada Remaja Pemain Game Online Di Jatinangor. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi,10(1), 15-16. http://doi.org/10.21009/JPPP.101.02

Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII). (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023 [powerpoint slide 8-9, 14 & 45]. www.survei.apjii.or.id. Diakses pada 30 Desember 2023

Aziz, N., Abdulkadir, S. J., & Salih, M. M. (2021). Digital Addiction: Systematic Review of Computer Game Addiction Impact on Adolescent Physical Health. MDPI,10(9), 1-18. https://www.mdpi.com/2079- 9292/10/9/996

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2022, Biro Pusat Statistik. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1 (Diakses: 19 Januari 2024).

 

Cahyana, Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Siswa Sekolah Menengah Pertama yang Mengalami Kecanduan Game Online. Fokus,3(2), 40. http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4222

 

Dharmansyah, D., & Budiana, D. (2021). Adaptasi Indonesia terhadap Fisika Internasional Kuesioner Aktivitas (IPAQ): Sifat Psikometri. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia,7(2), 159-163. https://doi.org/10.17509/jpki.v7i2.39351

 

Dewi, R.C., Oktiawati, A., & Saputri, L.D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak, dan Usia Remaja. Yogyakarta : Nuha Medika.

Efendi, V. P., & Widodo, A. (2021). Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga,9(4), 17 - 26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/41885

Fahrizal, Y., & Slamet, I. (2023). The Quality of Life of Adolescents Experiencing Online Game Addiction During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Indonesia,26(1), 68–77. https://doi.org/OI: 10.7454/jki.v26i1.1947

 

Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

 

Hartanti, F. P., & Lawang, R. W. (2022, Agustus 24). Dampak Buruk Kecanduan Game pada Anak Usia Remaja. Retrieved from Kemenkes: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1359/dampak-buruk-kecanduan-game-pada-anak-usia-remaja

Hidayat, A. A. (2015). Metode Penelitian Paradigma Kuantitatif. Surabaya: Health Books Publishing.

IPAQ (2005) Guidelines for Data Processing and Analysis of the International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) Short and Long Forms, International Physical Activity Questionnaire. Available at: https://sites.google.com/site/the/scoring-protocol. (diakses 9 Desember 2021)

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200-207. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00

Jap, T., Tiatri , S., & Jaya, E. S. (2013). The Development of Indonesian Online

Game Addiction Questionnaire. Plos One,8(4), 1-5. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0061098

 

Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik. Yogyakarta: The Journal Publishing.https://www.researchgate.net/publication/350965519_BUKU_PEMANTAUAN_AKTIVITAS_FISIK

 

Lemmens, J. S., M , P., Valkenburg , & Peter, J. (2009). Development and Validation of a Game Addiction Scale for Adolescents. Media Psychlogy,12(1), 79-95. http://dx.doi.org/10.1080/15213260802669458

Leo, D.R.L. (2020). Intensitas Bermain Game Online Terhadap Pola Aktivitas Fisik

Siswa SMP Advent Menia, Kabupaten Sabu, Rai Jua District, NTT. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 72-76 doi:10.35974/jsk.v6i1.2366

 

Maidartati, Hayati, S., Anggraeni, D. E., Irawan, E., Damayanti, A., & Silviani, D. A. (2022). Gambaran Sedentary Lifestyle Pada Remaja Di Sma Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI,10(2), 255-258. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view/81

Maramis, J. R., & Maengkom, K. S. (2022). Hubungan Tingkat Adiksi Game Online Dengan Tingkat Aktivitas Fisik Pada Pelajar Sma. Klabat Journal of Nursing, 4(1), 81. https://doi.org/10.37771/KJN.V4I1.801

 

Masturoh, I., & T, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

 

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 5). Jakarta: Salemba Medika.

Pratama, R. A., Widianti, E., & Hendrawati. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Journal of Nursing Care,3(2), 115. http://dx.doi.org/10.24198/jnc.v3i2.22850.

Pratiwi, E. Y., Rochmania, D. d., Asmarani, R., & Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online Pengaruh Fenomena Game Online Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang. https://eprints.unhasy.ac.id/205/18/19.%20Positif%20_%20Negatif%20Game%20Online.pdf

Putri, Z. (2024 April 17). Pemerintah Akan Keluarkan Aturan Anak Bermain Game Online Tahun Ini. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7296351/pemerintah-akan-keluarkan-aturan-anak-bermain-game-online-tahun-ini

Rahman, I. A., Ariani , D., & Ulfah, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85-86. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438

Riyanto, A. (2019). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.

Sabri, L., & Hastono, S. P. (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiaji, S., & Virlia , S. (2016). Hubungan Kecanduan Game Online dan Keterampilan Sosial pada Pemain Game Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Psibernetika, 9(2), 93-101, http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.460.

Sugiyono. (2019 ). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Trisnani, R.P & Wardani, S.Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online : mengenal dampak ketergantungan pada game online serta cara menguranginya. Madiun : UNIPMA Press. http://eprint.unipma.ac.id/id/eprint/81

Ulkhaq, M. M., Rozaq, R., Ramadhani, R., Heldianti , R., Fajri , A., & Akshinta, P. Y. (2018). Validity and Reliability Assessment of the Game Addiction Scale: An Empirical Finding from Indonesia. Association for Computing Machinery, 120-123. https://dl.acm.org/doi/10.1145/3288155.3288158

Warid, G. K., Yuliawan , D., Lusianti, S., & Hi, W. (2024). Indikator Aktivitas Fisik Pada Remaja Dilihat Dari Tingkat Kecanduan Game Online. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan,2(1), 42-48. https://doi.org/10.2023/ns.v2i01-pp41

WHO. (2022). Gaming disorder. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/standards/classifications/frequently-asked questions /gaming-disorder

Wicaksono, A., & Handoko, W. (2020). Aktivitas Fisik dan Kesehatan. Pontianak: IAIN Pontianak Press. https://www.researchgate.net/publication/353605384_Buku_Aktivitas_Fisik_dan_Kesehatan_fix

Widyawati. (2018, Agustus 02). Inilah Dampak Kecanduan Game Online. Retrieved from Sehat Negriku Sehat Bangsaku: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180706/4226605/inilah-dampak-kecanduan-game-online/

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia