Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


Pengarang : Widiarti, Nur Izzah


Kata Kunci   :Caring Perawat, Kepuasan Pasien

Program Sarjana Keperawatan Fakultas ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Januari, 2024

ABSTRAK

Widiarti, Nur Izzah
Hubungan Perilaku Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan

Latar Belakang : Kepuasan pasien yang di rawat di Rumah Sakit berperan sangat penting untuk bisa memberikan kepuasan kepada pasien, perawat dituntut untuk berperilaku caring dengan baik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasi dan pendekatan Cross sectional. Alat ukur menggunakan Caring Behavior Assesment Tools (CBAT) dan Service Quality (SERVQUAL). Analisa data menggunakan uji chi square. Jumlah sampel 100 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling.
Hasil : Hasil penelitian diketahui 58 orang (58%) menyatakan perilaku caring perawat pelaksana baik dan 69 orang (69%) menyatakan sangat puas di ruang rawat inap. Hasil uji chi square menunjukan bahwa ada hubungan signifikan perilaku caring perawat pelaksana dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap dengan p value 0.001 dan OR : 12,745 artinya perawat yang memiliki perilaku caring baik berpeluang memberikan kepuasan pada pasien sangat puas 12,7 kali dibandingkan perawat yang memiliki perilaku caring perawat kurang.
Simpulan : Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perilaku caring perawat pelaksana dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian, dapat digunakan sebagai bahan dasar atau salah satu bagian untuk melakukan evaluasi guna peningkatan kualitas pelayanan oleh pihak Rumah Sakit dalam menentukan kebijakan terkait peningkatan perilaku caring perawat.

Kata Kunci : Caring Perawat, Kepuasan Pasien
Daftar Pustaka : 53 daftar pustaka, (2012-2023)

Referensi

Agustina, Bunga. (2015). "Pelayanan Kesehatan Tradisional Ditinjau Dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. " Jurnal Wawasan Hukum, Vol. 32, No 1 Februari 2015 

Aiken. (2012). Psychilogical Testing And Assesment. 9th ed., Allyn And Bacon

Anggraini, D., Syakurah, R., Andriani, P., Resmi, S., Bedo, D., Rahayu, E., Ramli, Pratiwi, R., Putra, B (2022). Penelitian  Ilmu Kesehatan., ( 1 st ed)., Sumatera Barat : Global Eksekutif Teknologi 

Adiputra, I. M.  Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P., Muthe, S., Hulu. V., Budiastutik, I., Faridi, A., Tandanya, R., Fitriani, R., Tania, P., Rahmi ati, B., Lusiana, S., Susialawati, A., Sianturi, E., Suryana, E. (2021) . Metodologi Penelitian Kesehatan. Bali: Yayasan Kita Menulis

Amali., L. S. (2019). "Hubungan Perilaku caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD Karanganyar. " Skripsi Keperawatan: Universitas Aisyiyah Surakarta

Aisyah, Siti, et al (2021) " Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap 1 Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. " Jurnal Keperawatan Muhammdiyah, vol. 7,no.2, 2022, pp. 2366-44

Agil, Hilda Meriyandah, et al (2020). "Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Bung Karno RSU Proklamasi Rengasdengklok" Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, vol. 12 , no. 1 , 2022,pp.83-93, htttps://doi.org/10.52643/jbik.v12i1.2024

Clarisa Eka Aninda. (2023) "Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap  Berdasarkan Dimensi Servqual. "Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol 4, Nomor 4, Desember 2023

Diah Fitri Purwa Ningsih. (2015) " Strategi Meningkatkan Perilaku Caring Perawat Dalam Mutu Pelayanan Keperawatan. "Jurnal Manajemen Keperawatan, vol. 3, No . 1,2015, PP. 1-6

Endra, F. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktie). (1st ed))., Sidoarjo:zifatama jawara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia