PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, BRAND TRUST, DAN PRICE PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna Smarthphone Xiaomi di kota Pekalongan)
Pengarang : Risqi Fatmala, Sobrotul Imtikhanah, Muhammad Arifiyan
Kata Kunci   :Customer Experience, Brand Trust, Price Perception, Customer Satisfaction, Repurchase Intention
Banyaknya pengguna smartphone membuat persaingan ketat di antara pebisnis dalam bidang yang sama. Namun penjualan smartphone pada tahun 2022 mengalami penurunan, smartphone Xiaomi mengalami penurunan penjualan yang paling dalam. Salah satu faktor penting dalam bisnis adalah Repurchase Intention. Dalam meningkatkan Repurchase Intention, Smartphone Xiaomi harus menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, membangun Brand Trust yang baik, dan meningkatkan kinerja pada merek dengan menyuguhkan kualitas yang baik tetapi dengan harga terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Customer Experience, Brand Trust, dan Price Perception terhadap Repurchase Intention dengan Customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna smartphone Xiaomi di kota Pekalongan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat bantu SPSS versi 25. Analisis ini meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikoliniearitas), agresi linear berganda, uji hipotesis (uji T dan uji determinasi R2), analisis jalur serta uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, Brand Trust berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, Price Perception berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction, Brand Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction, Price Perception tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan variabel yang terkait dengan Repurchase Intention, sehingga dapat menghasilkan hasil yang sesuai dengan isu yang ada seperti Brand Awareness, Brand Equity dan lain sebagainya.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2023 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |