Dalam industri pariwisata yang semakin kompetitif, pemanfaatan teknologi digital serta citra destinasi menjadi elemen penting dalam menarik minat pengunjung. Electronic Word of Mouth sebagai bentuk komunikasi digital antar pengunjung atau calon pengunjung memiliki peran strategis dalam membangun keputusan berkunjung. Selain itu, citra destinasi yang positif, bersama dengan pengaruh e-WOM, dapat memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Namun, kepuasan pengunjung sering kali menjadi faktor mediasi yang memperkuat hubungan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Studi dilakukan pada wisata Kembanglangit di Blado, Batang, yang merupakan destinasi dengan potensi besar di sektor pariwisata. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei untuk mengumpulkan data dari wisatawan yang telah mengunjungi destinasi ini. Hasil analisis menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan bahwa e-WOM dan citra destinasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, sedangkan kepuasan pengunjung tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Kepuasan pengunjung tidak mampu memediasi hubungan antara ewom dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan ewom dan penguatan citra destinasi dalam strategi pemasaran destinasi wisata. Dengan meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengunjung, pengelola destinasi dapat meningkatkan kepuasan wisatawan, yang pada akhirnya berdampak positif pada keputusan mereka untuk berkunjung.
Abdillah. (2024). Statistika Deskriptif dan Inferensial Beserta Contoh, Gambar, Perbedaanya. https://rumusrumus.com/author/adminami01/
Afiany, F. D., & Putra, S. N. S. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Wisata Di Kota Batam. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi \& …, 05(1), 1–7. http://ejournal.uicm.ac.id/index.php/ekonam/article/view/512
Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. Seminar Nasional Kepariwsataan , 1(1), 248–257.
Amahela, F. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Kepuasan Pengunjung Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Keputusan Berkunjung Ulang (Studi Pada Pengunjung Obyek Wisata Mojosemi Forest Park Magetan).
Ameliya, K. R., Rinaldo, J., & Lubis, D. (2023). The Influence of Emotional Intelligence, Intellectual Intelligence and Job Satisfaction on the Performance. Adabi?: Journal of Public Administration and Business, 10(1), 49–66. https://doi.org/10.62066/jpab.v10i1.11
Ath’af, S., & Sukaris, S. (2024). Pengaruh destination image, electronic word of mouth, dan accessibility terhadap decision to visit wisatawan pada Wisata Alam Gosari Kabupaten Gresik. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(2), 211–222. https://doi.org/10.36407/jmsab.v7i2.1233
Atika Rosifa, Lia Suprihartini, R. K. (2020). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada New Marjoly Beach And Resort. Jurnal Bahtera Inovasi, Vol. 4. file:///C:/Users/ADVAN/Downloads/2759-Article Text-10476-2-10-20210522 (2).pdf
Azzahra, A., & MH Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Media Sosial, E-wom, Citra Merek, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di R Hotel Rancamaya. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 481–496. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.288
Benedicta Jennifer, Yosandri, & Eviana, N. (2022). Peningkatan Keputusan Berkunjung Wisatawan Melalui Pengembangan Citra Destinasi dan Aksesibilitas di Lembah Tepus Bogor. Edu Turisma: An International Journal of Tourism and Education, 7(1), 2022.
Chaniago, H., Muharam, H., & Efawti, Y. (2023). Metode Riset Bisnis dan Permodelan.
Cut, N., Rianda, S., Tinggi, A., Islam, N., & Dirundeng Meulaboh, T. (2020). AT-TASYRI’ Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah Pengaruh Ekspor Impor Terhadap Cadangan Devisa Di Indonesia. 12(2), 165–173. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/TasyriAT-TASYRI’
Dewi, A. A. K., Samsudin, A., Hidayat, R., Sari, D., Destrina, I., Cornelia, M., Netanya, S. A., & Abir S, S. (2023). Pengaruh Analisis SWOT terhadap Pengambilan Keputusan pada Usaha Laundry di Kalijudan Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(5), 1263–1274. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i5.2754
Eryani, A., Ibrahim, M., & Rifiyan, A. M. (2014). Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Wisatawan untuk Berkunjung ke Objek Wisata Istana Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2160.
Fadlullah, F., & Nurlatifah, H. (2020). Pengaruh Antara Electronic Word of Mouth, Citra Objek Wisata, dan Wisata Halal terhadap Travel Intention melalui Attitude toward Destination (Studi Kasus pada Pengambil Keputusan untuk Wisata Jadetabek). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.455
Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833
Fitri, S., & Kerinci, S. S. A. (2023). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Kabupaten Kerinci. 5(Vol 5 No 2 (2023): Bisnis, Ekonomi dan Kewirausahaan). https://doi.org/https://doi.org/10.46229/bee.v5i2.722
Gustiani, M. (2019). Peran Electronic Word of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata. Competence?: Journal of Management Studies, 12(2). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4962
Handayani, Sri; Kadi, Dian, Cittaningtyas, Ari; Fauzi, Rizal, Ula, A. (2022). Pengaruh City Branding “Madiun Kota Pendekar” Dan E-Wom Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Image Destination Sebagai Mediasi. CITACONOMIA?: Economic and Business Studies, 01(01), 49–74.
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Media Wisata, 13(1). https://doi.org/10.36276/mws.v13i1.217
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Herman, & Savira Wira Putri. (2022). Pengaruh Motivasi Wisatawan Domestik terhadap Minat Kunjung ke Kuta Mandalika. Journal of Mandalika Review, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i1.6
Imam Pratama, R. G., Athar, H. S., & Furkan, L. M. (2021). Observasi Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak Berdasarkan Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata, Dan Ewom. Jmm Unram - Master of Management Journal, 10(1A), 33–42. https://doi.org/10.29303/jmm.v10i1a.620
Iskandar, Y., & Samosir, S. H. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Bisnis Mahasiswa, 215–224.
Larasati, A. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Shopee Di Indonesia Influence of Service Quality on Customer Satisfaction and the Impact on Shopee Customer Loyalty in Indonesia. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(5), 6210–6217.
Lestari, A. A., Yuliviona, R., & Liantifa, M. (2023). Pengaruh Lokasi, Fasilitas dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ekobistek, 12(2), 587–592. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i2.601
Ma’nunah, Z., Sari, M. I., & Winahyu, P. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Dira Swimming Pool Ambulu. Growth, 20(1), 1. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i1.1765
Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.355
Makawoka, C. D. P., Soepeno, D., & Loindong, S. S. . (2022). Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Kenzo Desa Kombi. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 817. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.40645
Mohamed, G. A., Alakhras, H. A., Khalil, R. A., & Mohamed, M. A. (2022). Role of tourism advertising campaigns in improving destination image. Journal of Sustainable Tourism and Entrepreneurship, 3(2), 91–104. https://doi.org/10.35912/joste.v3i2.1223
Musthofa Fuat. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi, Wom (Word of. 1–22.
Muzurura, J., Chigora, F., Mutambara, E., Zvavahera, P., & Ndlovu, J. (2021). Determinants of mobile learning systems’ adoption in Zimbabwe rural secondary schools. International Journal of Education and Practice, 9(1), 201–219. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.91.201.219
Nadya Rizki Mirella, N., Nurlela, R., Erviana, H., & Herman Farrel, M. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880
Nasution, A. I., Hasibuan, R. R., & Syarvina, W. (2023). Analisis Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Wisatawan (Studi Kasuh Wisata di Aceh). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1118–1128. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6903
Nieamah, K. F. (2014). Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Fasilitas Dan Pelayaan Di Candi Prambanan. 6. file:///C:/Users/ADVAN/Downloads/6875-12060-1-PB.pdf
Nisya, S. M. A., & Sidoarjo, U. N. U. (2023). Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Destination Image dan Store Layout Terhadap Decision To Visit Di Kampung Klepon Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. 4(Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)). https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2850
Nurita Andriani, & Nuri Ma’rifatullaili. (2022). The Influence of E-WoM and Destination Image on Tourist Visiting Decisions to Ekasoghi Beach Sumenep Regency. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(6), 869–878. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1335
Oktavia, D., Rachmatullah, A., Catelya, R., Oktavia, D., Rachmatullah, A., & Enggriani, M. (2024). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Traditional Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai variabel Mediasi di Situ Cipondoh , Kota Tangerang , Provinsi Banten. 29(3), 327–342.
Otoparts, A. (2024). The effect of market value added and dividend payout ratio on stock prices. 2(4), 581–592.
Pradini, G., Kusumaningrum, A. P., Putri, O., Ardani, P. A., & Karyatun, S. (2023). Persepsi dan Kepuasan Pengunjung Terhadap Keunikan dan Potensi Ekowisata Pesisir Kali Ciliwung. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(20), 790–795. https://doi.org/10.5281/zenodo.10037132
Prihatma, G. T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tambahan Layanan Terhadap Kepuasan konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan Di PT Trisakti Lautan Mas Cabang Bakauheni, Lampung. Jurnal Manajemen, 10(1), 15–36. https://doi.org/10.30656/jm.v10i1.1511
Rahmadayanti, T., & Kholid Murtadlo. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Malia (Terakreditasi), 12(1), 125–136. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.2392
Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., & Rahmanita, M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Kepuasan Pengunjung Pada Monumen Nasional DKI Jakarta. Tourism Scientific Journal, 8(2), 163–173. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i2.255
Rini, N. A. (2020). Kualitas Pelayanan Mempengaruhi Jumlah Kunjungan Tamu Di Restoran Nom Nom Nom. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(3), 279–287.
Rohman, D. F. (2022). ??? 1 ? 2* 1 2. JEMASI?: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 34–38. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/download/532/154
Romadhon, A. N., Widiartanto, W., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Destination Image Terhadap Decision To Visit (Studi Pada Pengunjung Owabong Water Park Purbalingga). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 994–1004. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30149
Sari, A. D., Wijaya, N. M. S., & Negara, I. M. K. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Bali Zoo Pada Era New Normal. Jurnal IPTA, 10(2), 206. https://doi.org/10.24843/ipta.2022.v10.i02.p03
Sigit, K., Dewi, A. P., Windu, G., Nurmalasari, Muhamad, T., & Kadinar, N. (2019). Comparison of Classification Methods on Sentiment Analysis of Political Figure Electability Based on Public Comments on Online News Media Sites. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/4/042003
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |