ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak citra merek, kualitas produk, dan price discount terhadap minat beli batik Pekalongan, serta peran kepuasan konsumen sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut.
Penelitian ini melibatkan konsumen batik Pekalongan sebagai populasi, dengan 100 sampel yang dipilih menggunakan metode probability sampling. Data primer diperoleh melalui lembaran angket dan dianalisis dengan regresi linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA), serta dilengkapi dengan uji statistik lainnya untuk memastikan keabsahan dan keandalan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap minat beli batik Pekalongan. Namun, price discount tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Selain itu, kepuasan konsumen tidak berperan sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara citra merek, kualitas produk, dan price discount dengan minat beli batik Pekalongan.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Price Discount, Minat Beli dan Kepuasan Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
Caniago.Aspizain dan Agung Edi Rustanto.2022. Kualitas Produk dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Tokopedia). Journal of Management Small and Medium Enterprises. Vol. 15, No. 3, Hal.367-378.
Fauziah, Ninda dan Dadan abdul azizMubarok. 2019. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli :Studi pada Produk Kecantikan. Journal IMAGE.Vol. 8, No. 1, Hal.37-44.
Karo.Kanisius, Teguh Soedarto, Sri Widiyanti, dan Nisa HafiIdhoh Fitriana, 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap minat beli Buah dan Sayur pada Ecommerce Sayur box Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agro info Galuh. Vol. 9, No. 2, Hal. 739-747
Kotler, Philip and Garry Armstrong.2014. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, and K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: BP Undip.
Hartono, Jogiyanto. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Nurhayati, Siti. 2012. Metodologi Penelitian Praktis. Edisi Kedua. Pekalongan: Unikal Press.
Nyarmiati, Sri Rahayu Tri Astuti. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interveving. Diponegoro Journal of Management. Vol. 10, No. 2, Hal. 1-14
Sugiyono. 2019.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management: Performing Perfect Service (Translate from Mewujudkan Layanan Prima).Yogyakarta: Andi Publisher.
Yoga.PutuSedana, dan KomangAryPratiwi. 2022. Pengaruh Citra Merek Dan Price Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. Vol. 2, No. 2, Hal.585-592
| Properti | Nilai Properti |
|---|---|
| Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
| umpp.pekalongan@yahoo.com | |
| Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
| Telepon | (0285) 7832294 |
| Tahun | 2025 |
| Kota | Pekalongan |
| Provinsi | Jawa Tengah |
| Negara | Indonesia |