Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Digitalisasi dan Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan KSPPS: Studi Kasus BTM Pekalongan dengan Dana Pihak Ketiga sebagai Variabel Moderasi
Pengarang : Betty Pebriani, Usamah
Kata Kunci   :Kualitas Pelayanan, Digitalisasi, Dana Pihak Ketiga, Profitabilitas

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan digitalisasi terhadap profitabilitas KSPPS BTM Pekalongan, dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebagai variabel moderasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus terhadap 135 karyawan dari 13 cabang dan 1 kantor kas BTM. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, sementara digitalisasi berpengaruh negatif dan signifikan. Dana Pihak Ketiga memoderasi secara negatif hubungan antara kualitas pelayanan dan profitabilitas, namun memoderasi secara positif hubungan antara digitalisasi dan profitabilitas. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dan pengelolaan digitalisasi yang efektif dengan dukungan optimal dari Dana Pihak Ketiga untuk meningkatkan kinerja keuangan koperasi syariah.
NASKAH PUBLIKASI
Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi, S. (2021). Digitalisasi Koperasi Syariah sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 11(2).

Fadhilah, N., & Darmawati. (2023). Pengaruh Transformasi Digital terhadap Kinerja Keuangan Koperasi Syariah di Samarinda dan Banjarmasin. Jurnal Syarikat: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 115–127.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fitria, S., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Digitalisasi terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 5(3), 122–133.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pres.

Hernanto, B., & Wibowo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 12(1), 45–52.

Hidayah, N., & Mawaddah, N. (2022). Pengaruh Digitalisasi Layanan terhadap Efisiensi Operasional pada KSPPS BMT Al Hikmah Semesta. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Islam (JKEKI), 3(1), 55–65.

Huda, N. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Anggota terhadap Profitabilitas Koperasi. Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 98–107.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2017). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Newyork: Pearson.

Muhammad, A. K. (2016). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, S. (2021). Digitalisasi Koperasi: Tantangan dan Peluang di Era Industri 4.0. Jurnal Koperasi Dan UMKM, 15(1), 60–70.

Rifai, A. (2017). Model Bisnis Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM). Jakarta: Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah.

Sari, M. D., & Pramudito, A. (2021). Transformasi Digital dan Profitabilitas: Peran Dana Pihak Ketiga Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 112–125.

Setyawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota dan Dampaknya terhadap Profitabilitas KSPPS BTM. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 112–121.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sutrisno, A., & Putri, R. A. (2021). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas pada Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 145–156.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi Press.

Wahyudi, S. (2017). Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah: Studi pada BTM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 23–35.

Usamah, & Lutfiani, H. (2021, December). The Moderating Role of Information Technology in The Performance of Baitut Tamwil Muhammadiyah in Central Java Indonesia. IJIBEC International Journal of Islamic Business and Economics, Vol. 5, No. 2, 105-115. http://dx.doi.org/10.28918/ijibec.v 5i2.3869


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email umpp.pekalongan@yahoo.com
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2025
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia