PENGARUH RONDE KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KLIEN RAWAT INAP RSUD KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Pengarang : Siska Anggraeni, Sugiharto, Siti Rofiq
Kata Kunci   :RONDE KEPERAWATAN, TINGKAT KEPUASAN KLIEN RAWAT INAP
Pelayanan rawat inap RSUD Kajen melayani seluruh pasien. Sistem pelayanan keperawatan di ruang-ruang rawat inap RSUD Kajen masih menggunakan metode fungsional. Namun semenjak akreditasi metode Tim sudah mulai diperkenalkan meskipun belum dapat berjalan dengan lancar. Kedua metode tersebut sudah bagus akan tetapi belum melibatkan pasien secara langsung dalam proses keperawatan. Metode ini menggunakan ronde keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ronde keperawatan terhadap tingkat kepuasan klien rawat inap RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan. rnDesain penelitian pre-experimental, pendekatan the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan pada Mei 2012 sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian diketahui 21 orang (70%) klien menyatakan cukup puas, 9 orang (30%) kurang puas sebelum dilakukan ronde keperawatan. Terdapat 8 orang (26,7%) klien menyatakan puas, 22 orang (73,3%) cukup puas sesudah diberikan ronde keperawatan. Hasil uji Wilcoxon diketahui ada pengaruh ronde keperawatan terhadap tingkat kepuasan klien rawat inap RSUD Kajen Pekalongan dengan Ï value sebesar 0,000 < 0,05. Pihak rumah sakit membuat suatu kebijakan tentang ronde keperawatan sebagai salah satu bagian dari standar operasional prosedur (SOP) yang diaplikasikan dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien rawat inap.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2012 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |