HUBUNGAN ANTARA PRAKTEK PERSONAL HYGIENE (MEMANDIKAN) OLEH PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG TRUNTUM RSUD BENDAN PEKALONGAN
Pengarang : Al Fata Hasanudin, Sigit Prasojo, Dafid Arifiyan
Kata Kunci   :praktek personal hygiene, kepuasan pasien
Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari kualitas pelayanan rnkesehatan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan dapat muncul karena rnpasien mendapatkan pelayanan personal hygiene dari perawat. Tujuan penelitian rnini adalah untuk mengetahui hubungan antara praktek personal hygiene rn(memandikan) oleh perawat terhadap kepuasan pasien di ruang truntum RSUD rnBendan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif rndengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling menggunakan accidental rnsampling. Jumlah responden sebanyak 50 orang. Hasil uji statistik bivariat rnmenggunakan chi square dengan 5% didapatkan = 0,01. Sehingga rnmenunjukkan ada hubungan antara praktek personal hygiene (memandikan) oleh rnperawat terhadap kepuasan pasien di ruang truntum RSUD Bendan Pekalongan. rnOleh karena itu perawat disarankan untuk melaksanakan praktek personal hygiene rndalam melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien, karena akan rnmeningkatkan kepuasan pasien.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2013 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |