Image Description

Publikasi

Karya Ilmiah Mahasiswa

Pencarian Spesifik

Kunjungan

Web Analytics

Detail Record


Kembali Ke sebelumnya

Hubungan Kecanduan Game Online dengan Katajaman Penglihatan pada Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi


Pengarang : Anjas Mutiara Adiibah, Neti Mustikawati


Kata Kunci   :Kecanduan, Games Online, Ketajaman Penglihatan, Remaja.

Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Agustus, 2024

ABSTRAK
Hubungan Kecanduan Games Online dengan Ketajaman Penglihatan pada
Remaja di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan
Anjas Mutiara Adiibah,Neti Mustikawati
Latar Belakang: Bermain games online biasanya dilakukan melalui alat elektronik seperti komputer maupun handphone. Waktu bermain yang lama dapat mengakibatkan paparan cahaya tingkat tinggi yang dihasilkan oleh personal computer maupun handphone. Paparan cahaya bisa merusak penglihatan yang berdampak pada gangguan mata yakni akan terjadi pengurangan ketajaman penglihatan sehingga mengakibatkan penglihatan dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan kecanduan games online dengan ketajaman penglihatan pada remaja di SMP Negeri 3 kesesi Kabupaten Pekalongan.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner GAS (Game Addiction Scale) dan pemeriksaan ketajaman penglihatan dengan snellen chart. Sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 105 responden. Analisa data dilakukan secara korelasional dengan pendekatan cross-sectional menggunakan uji statistika dengan uji non parametrik spearman correlation dengan SPSS bertujuan untuk mengetahui hasil korelasi variabel yaitu varibel kecanduan game online dengan ketajaman penglihatan pada remaja di SMP Negeri 3 kesesi Kabupaten Pekalongan.
Hasil: Didapatkan data dengan 64 responden (61,0%) kecanduan ringan, 30 responden (28,6%) kecanduan sedang, 10 responden (9,5%) kecanduan berat, dan 1 responden (1,0%) tidak kecanduan. Data distribusi ketajaman penglihatan 86 responden (81,9%) normal, 16 responden (15,2%) hampir normal, dan 3 responden (2,9%) low vision sedang, dan tidak ada yang mengalami atau memiliki low vision berat. Tidak ada hubungan kecanduan game online dengan ketajaman penglihatan remaja di SMP Negeri 3 Kesesi Kabupaten Pekalongan (0,360 > 0,05).
Simpulan: Tidak ada hubungan kecanduan game online dengan ketajaman penglihatan pada remaja di SMPN 3 Kesesi. Saran pada penelitian, ketika penglihatan memiliki gangguan di perbolehkan bermain games online, akan tetapi harus memiliki batasan waktu sehingga tidak memperparah penglihatan.
Kata Kunci: Kecanduan, Games Online, Ketajaman Penglihatan, Remaja.
Daftar Pustaka: 37 (2014 – 2024)

Referensi

Budiarti, I. slamet. (2023). Seri Panca Indra Mata (Serli amelia nursinta dewi (ed.)). PT Bumi Aksara.

Dewi, ponco puspita, Rohmah nikmatur, Y. zuhrotul eka. (2018). Hubungan Bermain Game Online dengan Ketajaman Penglihatan pada Remaja di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Kabupaten Jember. Repository.Unmuhjember.Ac.Id,1–11. http://repository.unmuhjember.ac.id.pdf

Dewi Rizki Cintya, Anisa Oktiawati, L. D. S. (2015). Teori & konsep tumbuh kembang bayi,toddler,anak dan usia remaja (1st ed.). Nuha Medika.

Dhamayanti Meita, A. A. (2017). remaja kesehatan & permasalahannya. badan penerbit ikatan dokter anak indonesia.

Donsu jenita doli tine. (2016). metodologi penelitian keperawatan.

Firdaus, D., Muflih, & Lestiawati, E. (2017). Hubungan Perilaku Bermain Video Game Online dengan Ketajaman Visus Mata Anak Usia Sekolah. Medika Respati, 1–10. medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article

Foraldy, T. (2023). Memahami Proses Tes Visus Mata Untuk Uji Ketajaman Penglihatan. Kemenkes. https://hellosehat.com

Halawa, A. (2017). Kecanduan Game Online pada Remaja dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(20), 1–7.

Hardisman. (2021). tanya jawab metodologi penelitian kesehatan.

Haryani, W., & Setiyobroto, I. S. I. (2022). Modul Etika Penelitian. In Modul Etika Penelitian,Jakarta selatan.

Kustiawan, A. A. W. B. U. (2019). jangan suka game online?: pengaruh game online dan tindakan pencegahan (1st ed.). 2019. https://books.google.co.id

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Mardiana, S. S., Hartinah, D., Faridah, U., & Prabowo, N. (2019). Hubungan Antara Bermain Gadget dengan Ketajaman Nilai Visus Mata pada Anak Usia Sekolah TPQ Mamba ’ ul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun 2018. 228–237.

Marsono. (2019). metode penelitian kuantitatif langkah-langkah menyusun skripsi, tesis atau disertasi menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dilengkapi contoh aplikasi (Edisi ke-). In Media.

Nabilah Muhammad. (2024). Indonesia Jadi Kontributor Game Terbanyak di Platform Steam se-Asia Tenggara. https://databoks.katadata.co.id

Nasir Abd, Abdul Muhith, M. E. I. (2019). buku ajar?: metodologi penelitian kesehatan. Nuha Medika.

Nurhasanah, S., & Kusumastuti, N. A. (2024). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia. 13(1), 12–17. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v13i1.284

Piyeke, P. J., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2014). Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain Game Online Pada Remaja Di Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2), 1.

Pranitika Medya, Hendriyani Rulita, M. I. M. (2014). Hubungan Emotion Focused Coping dengan Game Online Addcition pada Remaja di Game Centre Bagian Semarang Barat dan Selatan. In jurnal.unnes.ac.id (Vol. 6, Issue 1).

Priadana sidik,  denok sunarsi. (2021). Metode penelitian kuantitatif.

Richter, R., Rares, L. M., & Najoan, I. H. M. (2018). Gambaran Ketajaman Penglihatan terhadap Lama Penggunaan dan Jarak Pandang Gadget pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Binsus Manado. E-CliniC, 6(2), 70–76. https://doi.org/10.35790/ecl.6.2.2018.21993

Rosanti, R. B., Santoso, A., & Ghozien, A. (2024). Kabupaten Pekalongan Dalam Angka Pekalongan Regency in Figures 2024: Vol. xx (A. Faroh (ed.)). BPS-Statistics Pekalongan Regency.

Saryono. (2020). metodologi penelitian kesehatan penuntun praktis bagi pemula.

Saryono,  mekar dwi anggraeni. (2021). metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan.

Sindi, D. A., Sulistiowati, S., Keperawatan, M. A., Husada, K., & Keperawatan, D. A. (2023). Gambaran Durasi Penggunaan Gawai (Gadget) Dan Tingkat Ketajaman Mata Pada Remaja Di Smpn 211 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 7(2), 9–19.

Sucipto Cecep Dani. (2020). metodologi penelitian kesehatan.

Surbakti, K. (2017). pengaruh games online terhadap remaja. Jurnal Curere, 01(01), 28–38.

Tayibnapis, R. G. (2021). Fenomena Game Online dan Pembaruan Teknologi Komunikasi Sebagai Media Baru. 11, 32–50.

Tias, E., Liza, R. G., & Sahputra, R. E. (2021). Hubungan Stres dengan Tingkat Kecanduan Game Online pada Siswa SMPN 5 Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 2(1), 157–163. https://doi.org/10.25077/jikesi.v2i1.170

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online. In  wardani silvia Yula (Ed.), Stop Kecanduan Game Online. UNIPMA PRESS. http://pics.unipma.ac.id

Vika Azkiya. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. Katadata, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia

Wahyuningsih, D., Wilson, & Fitriangga, A. (2019). Hubungan Durasi Bermain Game Online dan Tingkat Stres pada Siswa SMPN 03 Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Cerebellum, 5(1), 1213–1224.

Widyanti, D. H. & A. (2012). Fungsi Keluarga dan Gejala Stres Remaja Dengan Latar Belakang Pendidikan Prasekolah Berbeda. Ilm. Kel. & Kons, Vol. 5, No, 38–47.

Widyawati.   (2018a). Inilah Dampak Kecanduan Game Online. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id

---------------.(2018b). Kemenkes?: Kecanduan Game Adalah Gangguan Perilaku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id

-----------.    (2018c). Menkes?: Remaja Indonesia Harus Sehat. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id

World health organization. (2023). Kebutaan dan Gangguan Penglihatan. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/blindness-and-visual-impairment


Properti Nilai Properti
Organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Email [email protected]
Alamat Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan
Telepon (0285) 7832294
Tahun 2024
Kota Pekalongan
Provinsi Jawa Tengah
Negara Indonesia