Perbedaan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Antara Pasien Penjamin Pembayaran Jamkesmas dengan Mandiri di Ruang Rawat Inap RSUD Kabupaten Batang
Pengarang : Takwid, Emi Nurlaela, Zulfa Ataba
Kata Kunci   :Jaminan Pembayaran, Kepuasan Pasien
Persepsi pasien masyarakat tentang pelayanan kesehatan ditentukan oleh sistem pembayaran. Pelayanan yang diberikan menghasilkan kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan. Pembiayaan pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Batang terdiri dari penjamin asuransi seperti Jamkesmas dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan antara pasien penjamin pembayaran jamkesmas dengan mandiri di ruang rawat inap RSUD Kabupaten Batang. Desain penelitian menggunakan study komparatif, pendekatan cros sectional. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap kelas III di RSUD Kabupaten Batang bulan April 2013 sebanyak 85 orang. Teknik pengambilan sampel mengunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisa univariat diketahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas yaitu 28 orang (65,1%) cukup puas dan 15 orang (34,9%) puas. Tingkat kepuasan pasien mandiri yaitu 31 orang (73,8%) cukup puas dan 11 orang (26,2%) kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh perawat, dokter, petugas analis dan petugas gizi seperti memberikan salam, menjelaskan tindakan keperawatan dan mendengarkan keluhan pasien dengan sabar. Hasil uji mann whitney diketahui ada perbedaan tingkat kepuasan antara pasien jamkesmas dengan mandiri dengan Ï value sebesar 0,023 < 0,05. Pihak rumah sakit sebaiknya melakukan peningkatan kualitas pelayanan bagi pasien terutama pasien kelas III sehingga kepuasan pasien dapat terpenuhi sesuai standar pelayanan yang berlaku.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2013 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |