EVALUASI KEPUASAN PASIEN TEHADAP PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT DAN SARANA PRASARANA DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019
Pengarang : Umi Rahmawati, Yulian Wahyu Permadi, Mokhamad Arif
Kata Kunci   :KIE, Kepuasan, Kefarmasian, Sarana Prasarana
Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan Rumah Sakit.Pelayanan yang baik di suatu rumah sakit dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Pelayanan kefarmasian meliputi sarana prasarana instalasi farmasi, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara deskriptif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling dengan tekhnik Consecutive sampling yang didasarkan pada kriteria inklusi, sampai didapat sebanyak 100 sampel, kemudian hasil dianalisis dengan menggunakan analisis univariat. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Bendan Kota Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan kepuasan pasien 84 responden (84%) mempunyai kepuasan puas, 13 responden (13%) mempunyai kepuasan cukup puas dan 3 responden (3%) sangat puas dan gambaran kepuasan pasien pada pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) obat sarana prasarana 82 responden (82%) puas, 10 responden (10%) cukup puas, 6 responden (6%) sangat puas dan 2 responden (2%) tidak puas dan KIE 88 responden (88%) puas, 9 responden (9%) cukup puas dan 3 responden (3%) sangat puas.
Referensi
-
Properti | Nilai Properti |
---|---|
Organisasi | Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan |
[email protected] | |
Alamat | Jl. Raya Pekajangan No. 1A Kedungwuni Pekalongan |
Telepon | (0285) 7832294 |
Tahun | 2020 |
Kota | Pekalongan |
Provinsi | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |